Sabtu, 09 Maret 2013

kebudayaan sumatera barat


Kesenian Sumatera Barat Ikut Festival di Perancis

Tribunnews.com - Senin, 23 Juli 2012 12:33 WIB
Share this
Share
 Text  +  
Kesenian Sumatera Barat Ikut Festival di Perancis
Tribunnews.com/sutan harismanto
Pasar dan Pantai Gondariah, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Mereka ingin menyaksikan Pesta Budaya Hoyak Tabuik.
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Festival of Montoire, France 2012 adalah festival tahunan bergengsi di kota Montoire Prancis. Montoire Festival 2012 adalah festival yang dicetuskan oleh Henry Coursaget dan tahun ini adalah festivalnya yang ke 40.
Montoire Festival berinduk kepada CIOFF (Council of Organization for Foklore Festivals and Folk Art), sebuah LSM yang dipandu UNESCO mengelola lebih kurang 250 kehiatan kesenian dan budaya. Festival ini melibatkan seniman dan pelaku seni tradisi profesional dari berbagai belahan dunia.
Untuk tahun ini Syofyani Dance and Music Ensemble, grup tari dan musik dari Bukittinggi, Sumatera Barat, yang terpilih untuk tampil di ajang yang bergengsi di tahun 2012 mewakili Indonesia.
"Ini bukan undangan pertama kali bagi sanggar Syofyani untuk ikut ke Festival Montoire,"ujar istri dari gubernur Sumatera Barat, Nevi Iwan Prayitno, di kantor Kementerian Pariwista dan Ekonomi Kreatif, Senin (23/7/2012).
Nevi Iwan Suprayitno juga mengatakan kalau kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah Sumatera Barat dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
"Pemerintah Sumatera Barat sangat mendukung kegiatan ini, sebagai salah satu bentuk dari kegiatan promosi pariwisata Sumatera Barat dan juga kegiatan melestarikan budaya Minangkabau itu sendiri,"pungkas Nevi Iwan Suprayitno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar